farfromfearless

Hello world!

Tugas pengantar Teknologi Informasi

Data base adalah kumpulan data – data informasi yang dimiliki oleh sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa maupun produk. Dengan data base yang sudah dimiliki akan lebih mudah untuk menjalankan perusahaan yang sudah ada, tinggal mengarahkan apa yang akan di jual atau dipasarkan kepada customer. Data base yang ada bisa berupa data individu atau perusahaan yang akan kita tawarkan jasa atau produk yang akan kita pasarkan kepada konsumen.

Data base bisa berupa kontak person atau perusahaan yang akan dituju. Untuk melakukan transaksi penjualan jasa atau produk. Keberhasilan bisnis tergantung pada kulitas data base yang kita miliki, seberapa potensial data base customer yang kita miliki untuk menjual barang dan jasa kepada mereka. Kualitas data base yang kita miliki merupakan asset perusahan atau semberdaya untuk mendapatkan laba atau profit untuk menjalankan parusahaan.

Diperlukan lebih banyak kemajuan dan inovasi
Ketika hal-hal lain dari bauran pemasaran seorang pemasok adalah sama, seorang pembeli jelas akan lebih menyukai harga rendah. Akan tetapi, “hal-hal lainnya” tidak selalu sama. Kita perhatikan contoh ini, misalkan mengapa seorang pembeli mungkin lebih menyukai hubungan akrab dengan lebih sedikit penjual. Maka, perangkan internet yang terutama memfokuskan pada penurunan harga beli tidak harus menurunkan total biaya pembelian atau memberikan keuntungan pada semua jenis pembelian.

Sistem pesanan e-commerce

Sistem e-commerce kini secara otomatis menangani pesanan rutin dalam porsi besar. Para pembeli memprogramkan tatanan keputusan yang memberi tahu komputer cara memesan dan meninggalkan detail-detail yang sudah lengkap. Misalnya, ketika sebuah pesanan untuk bahan-bahan atau komponen tertentu masuk, sistem komputer itu secara otomatis memesannya dari pemasok yang tepat, menentukan tanggal pengirimannya, dan menjadwalkan produksinya.
Jika kondisi ekonomi berubah, para pembeli memodifikasi instruksi komputernya. Namun, ketika tidak terjadi sesuatu yang luar biasa, sistem komputer itu terus melakukan pembelian ulang secara rutin sesuai perkembangan kebutuhan – secara elektronik mengirimkan pesan pembelian kepada pemasok regulernya.

Tentu saja, merupakan penjualan yang besar jika terpilih sebagai pemasok utama yang secara rutin menerima semua order elektronik dari seorang pelanggan untuk produk-produk yang anda jual. Seringkali pelanggan seperti ini akan lebih terkesan oleh bauran pemasaran (marketing mix) yang menarik untuk keseluruhan lini produk dari pada hanya pada harga yang lebih rendah untuk pesanan tertentu. Lebih jauh, mengubah keseluruhan sistem pembelian hanya karena seseorang menawarkan harga rendah pada saat tertetu bisa menjadi terlalu mahal dan sulit.

Pelanggan jasa kecil menyukai pembelian via internet
Perusahaan kecil bidang jasa yang tidak banyak menarik perhatian pribadi para wiraniaga sering mengandalkan e-commerce bagi banyak pembelian mereka. Pembelian oleh pelanggan-pelanggan kecil dapat meningkat – maka bagi banyak pemasok, pelanggan-pelanggan kecil ini merupakan pasar target yang penting. Jumlah pemasok yang melayani kebutuhan pelanggan ini dengan memanfaatkan situs web yang dirancang khusus semakin banyak. Sebuah situs web yang dirancang secara baik dapat efisien bagi pelanggan maupun pemasok. Pelanggan bisnis memperoleh informasi, memberi order, atau menindaklanjuti dengan telepon atau email untuk mendapatkan perhatian pribadi dari seorang wiraniaga atau petugas layanan pelanggan ketika diperlukan.

Para pembeli melihat tampilan komputer secara seksama
Saat ini, kebanyakan perusahaan besar menggunakan sistem yang canggih untuk mengisi kembali persediaan. Pemindai (scanner) di bagian pengecekan memantau persediaan keluar – dan komputer menggunakan data ini untuk memperbarui catatan. Pedagang ritel dan grosir pun menggunakan sistem pengendalian otomatis yang menghasilkan laporan harian yang memperlihatkan penjualan setiap produk. Dengan informasi seperti ini, para pembeli mengetahui, secara rinci, profitabilitas dari beraneka macam produk yang bersaing. Jika sebuah produk tidak mengalami pergerakan, peritel mungkin enggan menerima permintaan seorang wiraniaga agar produknya lebih diperhatikan atau permintaan tambahan ruang di rak.

Mesin pencari kehilangan basis data (database) yang penting
Banyak manajer yang tidak menyadari bahwa informasi yang tersimpan di internet berada dalam format database yang tidak ditemukan menggunakan mesin pencari situs web standart. Untuk mencari informasi dalam database tersebut, pertama-tama anda harus melokasi situs web dengan database yang relevan dan kemudian menggunakan software di situs tersebut untuk melakukan pencarian ke dalam database. Direktori-direktori yang mendeskripsikan database situs membantu untuk tahap pertama.

Kelompok minat khusus di internet
Banyak manajer pemasaran bergabung dengan kelompok diskusi atau milis yang berbagi informasi mengenai topik tertentu. Menjadi anggota kelompok semacam ini seperti berlangganan buletin elektronik. Mirip dengannya, beberapa situs web menyediakan notifikasi email otomatis ketika informasi yang ditawarkan diperbarui. Layanan ini sangat bermanfaat karena informasi datang kepada anda secara otomatis – bahkan sebelum anda menyadari bahwa informasi itu ada. Malahan, informasi tersebut bisa jadi tersedia di situs web perusahaan pesaing. Rilis pers pesaing atau lowongan kerja yang mereka tawarkan kadang menyediakan informasi penting mengenai rencana ke depan. Microsoft, misalnya, menaruh perhatian besar pada daftar lowongan pekerja yang dimuat di situs pesaingnya.

Beberapa manajer pemasaran menggunakan pendekatan yang lebih aktif. Mereka masuk ke dalam blog atau kelompok-kelompok diskusi online untuk “mencuri dengan” atau mengajukan pertanyaan ketika para konsumen sedang mengobrol tentang perusahaan atau merek tertentu. Mesin pencari khusus, seperti Blogdex dan Google.

Latar belakang grid

Perkembangan kecepatan prosesor berkembang sesuai dengan Hukum Moore, meskipun demikian bandwidth jaringan komputer berkembang jauh lebih pesat. Semakin cepatnya jalur komunikasi ini membuka peluang untuk menggabungkan kekuatan komputasi dari sumber-sumber komputasi yang terpisah. Perkembangan ini memungkinkan skala komputasi terdistribusi ditingkatkan lebih jauh lagi secara geografis, melintasi batas-batas domain administrasi yang sudah ada.

Pesatnya perkembangan teknologi komputer di negara-negara maju, membuat para penelitinya semakin haus akan tenaga komputasi yang dapat menjawab tantangan dan permasalahan yang mereka hadapi. Walaupun sudah memiliki supercomputer dengan kapasitas yang sangat tinggi , apa yang sudah ada ini pun dirasa tetap kurang, karena mereka berusaha memecahkan permasalahan yang lebih besar lagi. Setelah semua komputer yg dimiliki seorang “peneliti haus tenaga komputasi” dipergunakan habis-habisan untuk memecahkan masalahnya, setelah berbagai cara untuk memecahkan masalah dicoba, dan dipilih yang paling efisien, tapi tetap masalahnya belum bisa dipecahkan juga, apa yang harus dia lakukan? Komputasi grid adalah salah satu jawaban dari pertanyaan ini.

Produk Grid dari Oracle

Oracle telah membangun software infrastruktur komputasi grid yang mampu membagi dan menyeimbangkan semua beban (workload) di antara server-server yang berbeda, dan me-manage server-server yang berbeda itu sebagai satu kesatuan sistem.

Kemampuan komputasi grid adalah setara dengan mainframe karena semua komponennya (grid) di-cluster. Namun tidak seperti mainframe dan server SMP (symmetric multiprocessing) yang besar, grid bersifat terbuka (open system technologies) yang bisa mencakup system kecil-kecil dengan processor Intel dan OS Linux sehingga biaya jadi jauh lebih murah.

Adapun produk grid dari Oracle adalah:

  • Storage Grid: Automatic Storage Management (ASM)
  • Database Grid: Real Application Server (RAC)
  • Application Grid: Oracle Streams
  • Grid Control: Enterprise Manager Grid Control


Sumber arikel diperoleh dari wikipedia Indonesia dan Ahmad Helmi. Presiden & CEO Flashindonesiamedia.

No comments as yet.

Anonymous - Gravatar

No comments have yet been made to this posting.

Commentors on this Post-

Leave a Comment-

Comment Guidelines: Basic XHTML is allowed (a href, strong, em, code). All line breaks and paragraphs are automatically generated. Off-topic or inappropriate comments will be edited or deleted. Email addresses will never be published. Keep it PG-13 people!

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <code> <em> <i> <strike> <strong>

All fields marked with "*" are required.